-->

Halo !!! Saya Kang Ismet, ini adalah blog tentang AMP HTML dan cara penerapannya

Factory Reset Tidak Menghapus Semua Data

Factory Reset Tidak Menghapus Semua Data
Pernahkah anda memanfaatkan fitur factory reset yang ada pada tablet dan smartphone anda? Fitur factory reset bertujuan untuk mengembalikan perangkat ke pada pengaturan default dari pabrik. Tapi tahukah anda bahwa ternyata fitur tersebut tidak menghapus semua data pribadi yang tersimpan pada perangkat anda hal ini telas dibuktikan pada sebuah penelitian dari Universitas Cambridge.

Penelitian itu menemukan hasil bahwa seorang hacker bisa saja memanen data dari sebuah ponsel yang telah di-factory reset-kan. Mereka mengungkapkan kalau terdapat dekripsi kunci yang dipakai untuk menyimpan file dan tidak akan terhapus meski handphone sudah direset ke pengaturan pabrik.

Dengan mengakses ke file tersembunyi itu, seorang hacker pun bisa memaksakan untuk mengakses file-file yang sebelumnya tersimpan di ponsel. Dalam penelitian yang mereka lakukan, para peneliti itupun berhasil memperoleh berbagai jenis data yang sebelumnya telah dihapus melalui factory reset. Baik itu foto, video, sms dan lain-lain. Bahkan mereka juga bisa melakukan sinkronisasi ponsel dengan akun Google pemilik ponsel sebelumnya.

Namun yang perlu ketahui, celah factory reset ini dijumpai oleh para peneliti untuk perangkat Android. Namun tak menutup kemungkinan kalau perangkat lain juga mempunyai permasalahan serupa.

Sumber : beritateknologi.com