-->

Halo !!! Saya Kang Ismet, ini adalah blog tentang AMP HTML dan cara penerapannya

Tips Melindungi Diri Dari Resiko Kabut Asap

Saat ini provinsi Riau sedang diselimuti pekatnya kabut asap, kabut asap yang berasal dari pembakaran hutan membuat udara di Riau kini tercemari sangat parah.

Pekanbaru adalah salah satu daerah yang terkena dampak paling parah dari kabut asap, statistik pendeteksi kualitas udara di pekanbaru telah menunjukkan keadaran paling parah, dan saat ini hampir 49,000 penduduk Riau menderita penyakit ISPA.

Nah kali ini saya akan berikan sedikit tips yang bisa membantu dalam menghadapi musibah kabut asap yang sedang dialami saat ini.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes Tjandra Yoga Aditama berbagi tips untuk melindungi diri dari risiko gangguan kabut asap. Menurutnya, ada delapan hal yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari bahaya kabut asap ini. 
  1. Sebisa mungkin hindari atau kurangi aktivitas di luar rumah/gedung. Terutama untuk mereka yang menderita penyakit jantung dan gangguan pernafasan.
  2. Jika pun terpaksa harus pergi ke luar rumah/gedung, maka sebaiknya menggunakan masker.
  3. Minum air putih lebih banyak dan lebih sering.
  4. Bagi yang telah mempunyai gangguan paru dan jantung sebelumnya, mintalah nasihat kepada dokter untuk perlindungan tambahan sesuai kondisi. Segera berobat ke dokter atau sarana pelayanan kesehatan terdekat bila mengalami kesulitan bernapas atau gangguan kesehatan lain.
  5. Selalu lakukan perilaku hidup bersih sehat (PHBS). Seperti makan bergizi, jangan merokok, istirahat yang cukup dan lain-lain.
  6. Upayakan agar polusi di luar tidak masuk ke dalam rumah/sekolah/kantor dan ruang tertutup lainnya.
  7. Penampungan air minum dan makanan harus terlindung baik.
  8. Buah-buahan dicuci sebelum dikonsumsi. Bahan makanan dan minuman yang dimasak perlu di masak dengan baik.

Tips ini dikutip dari : Inicaraku.com
Foto : Kompas.com
Mungkin ini bisa sedikit membantu anda yang terkena musibah.