-->

Halo !!! Saya Kang Ismet, ini adalah blog tentang AMP HTML dan cara penerapannya

Perkembangan Smartphone Xiaomi Asal Tiongkok

Perkembangan Smartphone Xiaomi Asal Tiongkok
Xiaomi Indonesia - Ponsel Xiaomi saat ini sedang populer di Indonesia, banyak orang yang sudah menggunakan smartphone asal negeri China Tiongkok ini. Sebelum anda menggunakan ponsel Xiaomi mungkin lebih baik anda mengenal sedikit sejarah dari perkembangan Xiaomi. Apa arti dari kata Xiaomi?

Mengutip dari Wikipedia, kata Xiaomi berasal dari Bahasa Mandarin yang berarti "Beras Kecil". CEO Xiaomi Lei Jun mengatakan ada makna yang lebih besar dari kata Xiaomi, dia menghubungkan "Xiao" sebagai konsep Buddha yang berarti "sebutir beras dari Buddha adalah sama besarnya seperti Gunung" dan mengatakan bahwa Xiaomi ingin bekerja dari hal-hal yang kecil, bukan memulai dari hal-hal yang besar. Kemudian kata MI pada xiaomi diartikan oleh Lei Jun sebagai "Mobile Internet" dan "Mission Impossible" karena setelah mendirikan Xiaomi, terdapat banyak hambatan yang terlihat mustahil untuk dihadapi pada saat itu, ungkapnya.

Xiaomi didirikan pada tahun 2010, perusahaan ini didirikan di Tiongkok dengan kantor pusatnya di Beijing. Pendiri serta CEO Xiaomi adalah Lei jun yang merupakan orang terkaya ke 23 di Tiongkok menurut Forbes. 

Ponsel Xiaomi disebut-sebut juga sebagai Apple nya China karena diketahui strategi pemasaran Xiaomi ini mirip dengan strategi pemasaran Apple, maka tak heran Xiaomi ini berkembang pesat sejak peluncuran produk pertamanya pada tahun 2011. Meskipun Xiaomi ini produk Cina, namun Xiaomi berbeda dengan produk Cina lainnya. Dari segi kualitas, beberapa produk Xiaomi diproduksi oleh Foxconn, yaitu perusahaan perakit iPhone dan iPad milik Apple.

Menurut IDC, ternyata Xiaomi merupakan produsen smartphone terbesar ketiga didunia diikuti oleh Lenovo dan LG yang masing-masing berada pada urutann keempat dan kelima.

Berbicara mengenai penjualan, pada tahun 2013 Xiaomi berhasil menduduki peringkat ke 5 sebagai merek smartphone yang paling banyak digunakan di Tiongkok, pada saat itu Xiaomi berhasil menjual 18,7 juta smartphone. Penjualan Xiaomi meningkat pada pertengahan tahun 2014 sebanyak 26,1 juta smartphone. Luar biasa bukan, tidak diragukan lagi kalau smartphone asal negeri China ini memiliki kualitas yang baik.