-->

Halo !!! Saya Kang Ismet, ini adalah blog tentang AMP HTML dan cara penerapannya

Google Luncurkan OS Khusus Internet of Things

Google Luncurkan OS Khusus Internet of Things
Sebelumnya tadi saya juga sudah membahas bahwa Google baru saja mematenkan teknologi boneka pintar, nah sekarang kita kembali lagi ke Google yang kabarnya akan memamerkan Sistem Operasi mobile baru dikenal dengan nama 'Brillo'.

Sistem operasi Brillo ini akan dipamerkan pada ajang Google I/O, selain akan memamerkan OS Brillo katanya Google juga akan memamerkan Sistem Operasi Android M pada ajang tersebut. Sistem operasi Brillo ini katanya tidak ada hubungannya dengan Android, Brillo ini akan diperuntukkan bagi jenis perangkat 'Internet of Things' (IoT). Google mengungkap bahwa Brillo dapat digunakan untuk berbagai macam perangkat. Bahkan, Brillo akan tersedia gratis sama halnya dengan Android.

Brillo dikhususkan bagi perangkat spesifikasi rendah yang memiliki RAM 32 MB atau 64 MB. Diprediksi bahwa nantinya, Brillo akan mempermudah para developer dalam membuat perangkat IoT.

Sejauh ini, memang belum ada sebuah sistem operasi khusus yang mumpuni untuk perngkat IoT. Untuk sementara, para vendor perangkat IoT umumnya harus membuat dan mengembangkan software aplikasinya sendiri.

Bicara mengenai IoT, Google bukan satu-satunya perusahan teknologi yang kian fokus pada teknologi berbasis internet. Samsung pun telah membeli SmartThing, startup IoT pada Agustus. 

Perusahaan pembuat chip, ARM turut membuat solusi IoT lewat mbed OS. Minggu lalu, Microsoft telah mengumumkan Windows 10 untuk IoT. Dan kemarin, Huawei mengumumkan kehadiran sistem operasi IoT bernama LiteOS.