-->

Halo !!! Saya Kang Ismet, ini adalah blog tentang AMP HTML dan cara penerapannya

Cara Periksa Kesehatan Baterai Android

Cara Memeriksa Kesehatan Baterai Android
Baterai merupakan komponen penting dan paling berpengaruh pada kinerja sebuah ponsel, secanggih apapun posel anda sampai menggunakan baterai yang berkapasitas besar tetapi baterainya boros atau bisa dikatakan sudah bocor percuma saja. Seiring dengan penggunaan smartphone yang digunakan hampir setiap hari tanpa henti, pastinya memberikan dampak buruk pada pemakaian baterai. Memang sulit untuk menghindari hal tersebut tetapi setidaknya kita masih bisa memantau dan memeriksa kesehatan baterai smartphone yang kita gunakan. Berikut tips memeriksa kesehatan baterai ponsel anda.

Putar baterai pada bidang rata
Hal ini memmang biasa dilakukan untuk memeriksa kesehatan baterai, baterai lithium akan mengalami penurunan daya setiap kali baterai kosong dan terlambat diisi ulang. Cuaca ekstrim juga dapat mempercepat kerusakan baterai.

Untuk mengidentifikasi kerusakan tersebut, keluarkan baterai kemudian putar baterai pada bidang yang rata. Jika baterai dapat berputar dengan lancar, kondisi baterai tersebut dapat dikatakan buruk.

Amati seberapa cepat baterai habis. 
Pada suatu waktu, menjadi tidak normal jika baterai berkurang 1 hingga 2 persen saat tidak digunakan. Jika hal ini terjadi, amati waktu yang dibutuhkan baterai dari penuh hingga kosong pada rentan waktu tertentu.

Jika baterai menjadi kosong hanya dalam beberapa jam padahal jarang difungsikan, maka Anda patut khawatir. Berarti baterai smartphone Anda mungkin mulai bermasalah.

Lihat tampilan visual baterai.
Hal ini hanya dapat dilakukan pada baterai yang bisa dilepas dari smartphone. Setelah baterai dilepas, lihat apakah sekujur tubuh baterai membengkak dan terjadi korosi pada logam baterai.

Korosi dapat dilihat dari warna logam yang menjadi keputih-putihan atau kehijau-hijauan. Jika terlihat ciri-ciri tersebut, segera ganti baterai. Jangan memasukkan kembali baterai ke badan smartphone karena dapat merusak elemen-elemen lain pada smartphone.

Tips ini tidak berlaku untuk smartphone-smartphone keluaran terbaru yang tidak memungkinkan baterainya dilepas-pasang.

Menggunakan tools pendiagnosa baterai.
Untuk pengguna iPhone, dapat menggunakan aplikasi iBackupBot. Aplikasi ini tersedia untuk Windows dan Mac.

Pengguna hanya perlu menghubungkan iPhone ke komputer yang telah diinstall  iBackupBot. Setelahnya, iBackupBot akan memberi informasi detail tentang perangkat pengguna. Bagi pengguna Android, pengguna hanya perlu menekan kode *#*#4636#*#*. Lalu, pengguna akan dapat melihat informasi detil terkait kondisi baterai.

Sumber : jatimtech.com