-->

Halo !!! Saya Kang Ismet, ini adalah blog tentang AMP HTML dan cara penerapannya

Bahayanya Aplikasi di Android

Bahanya Aplikasi di Android
Bagi anda pengguna perangkat Android, mulai saat ini berhati-hatilah dalam mendownload aplikasi dan menggunakannya, karna saat ini hampir 98% Aplikasi untuk Android berbahaya untuk digunakan, kenapa berbahaya? karna kebanyakan aplikasi untuk perangkat Android tertanam yang namanya Malware (Malicious Software).

Malware ini adalah sebuah software atau kode yang diciptakan oleh seseorang dengan tujuan jahat. Sifat malware ini merusak sistem, guna mencari kelemahan keamanan pada perangkat yang anda gunakan, Malware ini juga mampu mengubah data, menghapus data, menyembunyikan bahkan sampai mencuri data.

Dengan adanya Malware yang tertanam pada suatu aplikasi dan kemudian aplikasi itu di Install pada perangkat android anda, maka orang yang tidak bertanggung jawab bisa saja meretas atau menghack perangkat android anda.

Berdasarkan info yang saya dapatkan, di California, suatu perusahan keamanan Kaspersky Lab mengungkapkan, telah menemukan 10 juta aplikasi Android berbahaya yang bisa mengacak-acak sistem pada smartphone seseorang. Mulai dari mengirim email spam atau biasa dikatakan sampah, hingga bisa melakukan pencurian password sebuah akun.

Namun saat ini yang paling banyak diincar oleh para orang yang tidak bertanggung jawab adalah suatu informasi finansial, seperti aplikasi mobile banking, atau layanan SMS Banking, dan juga mata uang virtual Bitcoin.

Kenapa android menjadi sarang Malware?... Alasannya karna kebebasan yang diberikan oleh Google, Siapa saja pengembang aplikasi android bisa mendaftarkan aplikasi buatannya dengan persyratan yang sedikit. Hal inilah yang berbanding terbalik dengan perangkat Smartphone Apple App Store yang menyeleksi secara ketat aplikasi yang ingin dipampang di AppStore.

Malware yang paling banyak berkeliaran diAndroid adalah Backdoor 26%, Trojan 16%, Trojan Downloader 7%, Trojan SMS sebanyak 36% dan berbagai macam Malware lainnya sebanyak 15%.

Berdasarkan info yang saya himpun, Kaspersky Labs juga memberikan sebuah contoh kerugian yang bisa ditimbulkan oleh Malware yang bernama Carberp Trojan buatan Russia. Malware ini bisa melakukan perncurian berbagai informasi finansial pengguna ponsel, termasuk saldo di rekening, untuk kemudian mengirimkannya keserver bank milik si pembuar Malware. Bahaya bukan??....


Untuk mengetasi atau bisa dikatakan pencegahan, saya menyarankan kepada anda untuk meningkatkan keamanan sistem android anda dengan cara menggunakan Aplikasi Antivirus atau Anti Malware.

Nah semoga apa yang saya berikan ini bermanfaat bagi anda semua.

Sumber : Okezone