-->

Halo !!! Saya Kang Ismet, ini adalah blog tentang AMP HTML dan cara penerapannya

Fitur Terbaru Dari Sistem Operasi X EL Capitan - Apple

Fitur Terbaru Dari Sistem Operasi X EL Capitan - Apple
Fitur Terbaru Dari Sistem Operasi X EL Capitan - Apple baru saja merilis versi final sistem operasi terbarunya untuk perangkat Mac-nya. Sistem operasi X El Capitan dengan kode 10.11 ini telah melewati 8 kali versi beta. Banyak fitur baru yang ditawarkan pada sistem operasi terbaru dari Apple ini.

Menariknya, OS X El Capitan ini dapat dicicipi dengan gratis, alias tanpa pungutan biaya apapun. Bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin mengupdate sistem operasi Mac Anda, perlu diperhatikan jenis Mac yang Anda gunakan karena tidak semua perangkat Mac dapat mencicipi sistem operasi ini. Untuk daftar perangkat yang didukung adalah:

iMac (versi pertengahan tahun 2007 atau setelahnya)
MacBook 13 inci (versi akhir tahun 2008)
MacBook Pro (13 inci yang dirilis pada pertengahan tahun 2009)
MacBook Pro (15 atau 17 inci yang hadir pada pertengahan tahun 2007)
MacBook Air (dirilis pada akhir tahun 2008)
Mac mini (versi awal tahun 2009)
Mac Pro (rilis pada awal tahun 2009)

Untuk persiapannya, paling tidak mempersiapkan ruang hardisk sebesar 6.1GB atau lebih, mengingat pada versi sebelumnya, OS X Yosemite membutuhkan ruang sekitar 5.7GB untuk pembarauannya. Kemudian jangan lupa untuk mencadangkan berbagai file penting Anda agar saat terjadi kesalahan tidak ikut hilang data-data tersebut. Untuk mendapatkannya, bisa melalui iTunes, atau klik pada tautan ini. Selain itu, pastikan versi yang Anda gunakan sekarang adalah OS X Yosemite (10.10), OS X Mavericks (10.9), dan OS X Mountain Lion (10.8).

Fitur terbaru yang ditawarkan pada OS X El Capitan ini diantaranya:

Gestur baru
Fitur Terbaru Dari Sistem Operasi X EL Capitan - Apple

Dengan penambahan gestur baru pada sistem operasi terbaru Mac ini membuat beragam aktifitas menjadi lebih mudah dan simple. Seperti saat menggeser track pad dengan kedua jari pada pesan yang masuk, bila ingin menghapus pesan tersebut cukup usap dengan 2 jari ke arah kiri. Untuk menyimpannya atau mengarsipkannya, cukup usap ke arah kanan dengan 2 jari. Usapan dengan 4 jari pada layar desktop utama akan menampilkan program apa saja yang sedang dijalankan. Jika mengusap saat sedang menjalankan program di layar penuh, maka akan terpisah menjadi 2 bagian, dan menampilkan 2 program secara bersamaan.

Matikan Suara dengan Mudah

Anda sedang berseluncur di dunia maya, dan membuka banyak tab. Namun tiba-tiba Anda dikagetkan dengan suara video atau musik yang berasa dari beberapa tab yang Anda buka. Untuk mematikannya pun cukup repot karena Anda harus mengecilkan suara video/musik tersebut, atau mem-pause sejenak. Namun kesulitan tersebut akan diatasi dengan mudah oleh OS X El Capitan ini. Karena cukup klik gambar atau logo audio pada tab yang memainkan musik atau video, maka akan langsung hilang seketika suara yang mungkin Anda rasa mengganggu.

Pin Situs Favorit Anda di Safari
Fitur Terbaru Dari Sistem Operasi X EL Capitan - Apple

Anda pasti memiliki situs yang sering Anda akses, seperti Facebook, Twitter, BeritaTeknologi, atau yang lain. Dengan fitur “Pin”, Anda tidak perlu capek-capek mengetik alamat favorit Anda tersebut, cukup gunakan “Pin”, dan situs favorit Anda akan berada di sisi pojok kiri atas dengan logonya. Untuk membukanya mudah sekali, cukup klik logo situs tersebut maka tab baru akan membuka situs favorit Anda tersebut.

Split View
Fitur Terbaru Dari Sistem Operasi X EL Capitan - Apple

Inilah salah satu fitur yang sangat dinanti oleh pengguna Mac, karena fitur ini tidak ada pada versi sebelumnya. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menjalankan 2 program secara bersamaan di satu layar yang sama, dengan tampilan penuh pastinya. Dengan begitu, segala pekerjaan dapat selesai dengan cepat karena adanya fitur ini. Tidak hanya itu, Anda dapat mengatur ukuran layar pada masing-masing program yang berjalan. Misal Anda sedang mengetik dan Anda ingin layar yang sedikit lebih besar, sedangkan Anda ingin tetap dapat berkrim email, dengan mengecilkan ukuran layar pada program email tersebut.

Peningkatan Performa Gaming
Fitur Terbaru Dari Sistem Operasi X EL Capitan - Apple

Apple memperkenalkan salah satu fitur yang bernama “Metal” pada OS X El Capitan, yaitu sebuah fitur yang diklaim Apple dapat menampilkan detail dan grafik yang lebih baik saat bermain game. Selain itu dengan adanya fitur ini, kemampuan render menjadi lebih cepat, karena program yang berjalan juga bekerja dengan GPU yang tertanam pada perangkat Mac.

Peningkatan Performa Keseluruhan
Banyak pengguna pasti menginginkan pembaruan yang dapat meningkatkan kinerja dari perangkat yang dimilikinya. Sama halnya dengan pengguna Mac, pada OS X El Capitan ini Apple mengatakan bahwa untuk performa akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Seperti, membuka program yang lebih cepat 1.4x, berpindah aplikasi mengalami peningkatan sebesar 2x lebih cepat, menampilkan pesan baru 2x lebih cepat, dan membuka dokumen jenis PDF mengalami peningkatan sebesar 4x.

Sumber : beritateknologi.com