-->

Halo !!! Saya Kang Ismet, ini adalah blog tentang AMP HTML dan cara penerapannya

Bahaya Tidur Bersama HP Menyala

Bahaya Tidur Bersama HP Menyala
Perasaan tegang dan waspada
Orang yang sering tidur di dekat handphone yang menyala rentan dihantui sindrom hypervigilance . Hypervigilance mengacu pada perasaan yang terus-menerus tegang dan waspada. Area tertentu di bagian belakang otak Anda akan selalu mengharapkan ada panggilan dan akibatnya otak sulit melakukan relaksasi.

Pakar mengenai tidur Dr Neil Stanley mengatakan bahwa untuk mendapatkan tidur malam yang baik, Anda harus merasa aman dan tidak khawatir tentang apa pun. Dengan membiarkan ponsel mati di malam hari, Anda tak perlu gelisah untuk mengecek ponsel. Dan otak jadi lebih ringan.

Cahaya dari handphone mengganggu ritme alami tubuh
Bahaya lain yang mengintai adalah akibat pencahayaan yang memancar dari ponsel. Menurut Dr Charles Czeisler, profesor pengobatan tidur di Harvard University, cahaya tersebut dapat mengganggu ritme alami tubuh, sehingga menipu tubuh kita dan menyangkanya bahwa itu adalah siang hari.

Dapat menyebabkan tumor otak
Radiasi HP dapat mempengaruhi terbentuknya neoplasma dari regenerasi sel yang tidak wajar. Umumnya tumor otak menyerang orang dewasa pada usia produktif, namun tidak sedikit pula ditemukan kasus di mana tumor juga dapat menyerang anak-anak.

Jangan menaruh handphone di dekat bantal ketika akan tidur.

"Penelitian tentang pengaruh radiasi ponsel terhadap kesehatan manusia adalah studi terlama dan terbesar yang pernah saya jalani yang melibatkan 4 miliar partisipan," ujar Lloyd Morgan, pimpinan studi yang juga anggotaBioelectromagnetics Society, seperti dikutip dari Huffington Post, Rabu (2/9/2009).

Lamanya studi itu dikarenakan tumor tidak tumbuh dalam waktu singkat, butuh waktu bertahun-tahun hingga seseorang terbukti memiliki tumor.

Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa telepon genggam memang faktor penyebab tumor otak. "Masyarakat dan publik harus tahu hal ini. Bahkan tidak hanya tumor otak, kanker mata, kelenjar ludah, kanker testis dan leukimia pun menjadi ancaman selanjutnya dari ponsel," ujar Morgan.

Para ilmuwan dari berbagai universitas dan institusi kesehatan yang berkumpul dalam seminar "Cellphones and Brain Tumors: 15 Reasons for Concern" pun akhirnya setuju bahwa ponsel memang terbukti memicu tumor otak dan sebaiknya seseorang mengurangi intensitas yang berhubungan dengan ponsel, tidak berlama-lama menelepon dan menjauhkannya ketika sedang tidur.

Terbakar dan meledak
Ini bukan hal yang berlebihan, media massa seperti televisi dan surat kabar pernah memberitakan kasus ponsel meledak dan terbakar ketika si pemiliknya sedang tertidur sehingga melukainya. Kejadian tersebut terjadi karena sering kali pemilik ponsel mengisi ulang dayanya dan kemudian tertidur di sisinya, ketika daya sudah penuh dan lupa mencabutnya, maka ponsel akan menjadi panas dan bila sampai terjadi korsleting dapat membuatnya meledak hingga terbakar.

Menyebabkan sakit kepala
Radiasi ponsel bagi beberapa orang yang sensitif terhadap gelombang RF yang dipancarkan dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual-mual, bahkan hingga muntah.